Jurnal Randai
Vol. 1 No. 1 (2020): July

PERAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH (Kajian Teoritis dan Praktik)

Yuliantoro (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan metode kajian pestaka atau studi perpustakaan. Pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan kajian referensi berhubungan tentang pendidikan multikultural dalam pembelajaran di sekolah. Penelitian ini menitik beratkan dalam pengamatan pelaksanaan pendidikan multikultural dalam pembelajaran di sekolah yang terkaitan dengan Kultur. Hasil data penulis menunjukan pelaksanaan kultur pembelajaran IPS yang dihubungkan dalam sikap kepribadian dan sosial guru dan siswa secara umum menunjukkan kategori baik. Hal ini dapat dibuktikan bahwa kultur pembelajaran yang baik terkait dengan kepribadian dan sosial guru dan siswa menghasilkan hasil belajar yang baik pula. Kultur dalam proses pembelajaran harus dilihat sebagai bagian suatu kesatuan sekolah yang utuh. Artinya kultur yang ada di sekolah merupakan cerminan dari hasil keseluruhan proses pembelajaran disekolah. Dengan demikian bahwa kultur yang terjadi didalam pembelajaran memberikan pengaruh terhadap kebiasaan seluruh warga sekolah secara umum. Dengan kata lain, dampak kultur terhadap prestasi belajar siswa meskipun sangat kuat tetapi tidaklah bersifat langsung, melainkan lewat berbagai variabel, antara lain seperti semangat kerja keras dan kemauan untuk berprestasi oleh seorang siswa itu sendiri.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

randai

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Randai adalah jurnal penelitian peer-review akses terbuka yang diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Riau, Jurnal Randai menyediakan artikel-artikel berkualitas baik yang ditulis penelitian, akademik, dan praktisi. Ini menerbitkan makalah penelitian ...