Jurnal Gramatika: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 1, No 2 (2015)

PENINGKATAN PEMAHAMAN FRASA PESERTA DIDIK KELAS X MIA 6 SMA NEGERI 7 PADANG MELALUI MEDIA KARTU

Afreni Tuti (SMAN 7 Padang)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2015

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman frasa peserta didik kelas X MIA 6 SMA Negeri 7 Padang melalui media kartu. Penelitian ini menggunakan siklus yang memiliki empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X Mia6  pada semester I tahun 2014/2015 yang berjumlah 31 orang. Materi pembelajaran adalah memahami frasa.Alat media yang digunakan adalah kartu. Pelaksanaan tindakan dilakukan sebanyak tiga siklus. Dari hasil ketiga siklus penelitian tindakan yang dilakukan, memperlihatkan peningkatan. Persentase ketuntasan belajar peserta didik pada siklus 1, siklus 2 dan siklus 3 sudah tergolong bagus yaitu dari 73 %  ke 75 % menjadi 90 %, sehingga ketuntasan belajar secara klasikal sudah tercapai.Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media kartu peningkatan kreativitas belajar peserta didik dapat tercapai.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jurnal-gramatika

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Gramatika: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2442-8485) & (2460-6316), well-known as GRAMATIKA, is an international forum for original research focused on identities as local contexts, like an identity in linguistics, identity in literature, and identity in language ...