AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji pengaruh  profitabilitas  dan leverage terhadap harga saham dengan price earning ratio (PER) sebagai variabel mediasi.   Penelitian ini di harapkan dapat menambah ilmu pengetahuan di bidang manajemen keuangan mengenai efek perubahaan profitabilittas yang diprokikan dengan ROA dan leverage yang diproksikan dengan DAR terhadap harga saham dengan PER sebagai variabel mediasi. Pada penelitian ini walaupun tidak semua variabel berdampak terhadap harga saham, namun ada satu variael yang berpengaruh terhadap harga saham yaitu ROA, adapun variabel lainya tidak berdampak terhadap harga saham yaitu DAR dan PER. Penelitian dilakukan pada perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI dengan populasi 43 perusahaan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Berdasarkan kriteria populasi, jumlah sampel yang memenuhi syarat adalah 28 bank, teknik analisis datanya menggunakan analisis regresi linear berganda dan uji sobel. Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa: profitabilitas  berpengaruh  negatif tidak signifikan terhadap  price earning ratio (PER); leverage berpengaruh negatif signifikan terhadap price earning ratio (PER); price earning ratio (PER) berpengaruh positif tidak signifikan terhadap harga saham; profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhdap harga saham; leverage berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap harga saham; price earning ratio (PER) tidak dapat memediasi pengaruh profitabilitas terhadap harga saham; price earning ratio (PER) tidak dapat memediasi pengaruh leveregae terhadap harga sahamKata Kunci: Profitabilitas, Leverage, Price Earning Ratio (PER), Harga Saham. AbstractThis study aims to find out and test the influence of profitability and leverage on share prices with a price earning ratio (PER) as a mediation variable.  The research was conducted on banking companies registered in IDX  with  a  population  of  43  companies.  The  sampling  technique  used  is  purposive  sampling.  Based  on population criteria, the number of eligible samples is 28 banks, the data analysis technique uses multiple linear regression analysis and sobel test. The results showed that:profitability had an insignificant negative effect on the price earning ratio (PER);leverage has a significant negative effect on the price earning ratio (PER); the price earning ratio (PER) has an insignificant positive effect on the share price; profitability has a significant positive effect on the share price;leverage has an insignificant negative effect on the share price; the price earning ratio(PER) cannot mediate the effect of profitability on the share price; the price earning ratio (PER) cannot mediate the influence of leveregae on the share price.Keywords: Profitability, Leverage, Price Earning Ratio (PER), Share Price.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021