AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji pengaruh keputusan pendanaan, ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel mediasi.Penelitian dilakukan pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi dengan populasi 53 perusahaan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Berdasarkan kriteria populasi, jumlah sampel yang memenuhi syarat adalah 25 perusahaan, teknik analisis datanya menggunakan uji statistik deskriptif dan uji asumsi klasik. Uji asumsi klasik digunakan agar memberikan kepastian bahwa persamaan regresi yang didapatkan memiliki ketepatan dalam estimasi, tidak bias dan konsisten.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: keputusan pendanaan berpengaruh negatif signifikan terhadap profitabilitas; ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas; keputusan pendanaan berpengaruh positif tidak signifikan terhadap nilai perusahaan ; Ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan; profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan; profitabilitas tidak mampu memediasi pengaruh keputusan pendanaan terhadap nilai perusahaan; profitabilitas tidak mampu memediasi ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Keterbatasan penelitian yaitu objek dalam penelitian terbatas dalam perusahaan manufaktur.Kata Kunci: Keputusan pendanaan, ukuran perusahaan, profitabilitas, nilai perusahaan. AbstractThis study aims to determine and examine the effect of funding decisions, firm size on firm value with profitability as a mediating variable. The study was conducted on manufacturing companies in the consumer goods industry sector with a population of 53 companies. The sampling technique used is purposive sampling. Based on the population criteria, the number of samples that meet the requirements are 25 companies, the data analysis technique uses descriptive statistical tests and classical assumption tests. The classical assumption test is used to provide certainty that the regression equation obtained has accuracy in estimation, is unbiased and consistent. The results showed that: profitability had an insignificant negative effect on the price earning ratio (PER); leverage has a significant negative effect on the price earning ratio (PER); the price earning ratio (PER) has an insignificant positive effect on the share price; profitability has a significant positive effect on the share price; leverage has an insignificant negative effect on the share price; the price earning ratio (PER) cannot mediate the effect of profitability on the share price; the price earning ratio (PER) cannot mediate the influence of leverage on the share price. The limitation of research is that the object of the research is limited to manufacturing companies. Keywords: Profitability, Leverage, Price Earning Ratio (PER), Share Price
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021