Jurnal Cakrawala Pendas
Vol. 8 No. 2 (2022)

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BERPENDAPAT DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU

Suci Al Muhayani (Universitas Negeri Padang)
Fatmariza Fatmariza (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan kreativitas berpendapat dan hasil belajar dalam pembelajaran tematik terpadu yang dilatarbelakangi berdasarkan hasil observasi awal penelitian. Tujuan penelitian ini adalah menggambarkan suatu pencapaian kreativitas berpendapat serta prestasi belajar siswa dalam pembelajaran tematik terpadu berdasarkan model Problem Based Learning. penelitian yang dilaksanakan ialah penelitian tindakan kelas berdasarkan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Tahapan penelitian didahului dengan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan serta perefleksian. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan datanya ialah berupa hasil pengamatan, catatan lapangan, wawancara serta hasil tes. Penelitiannya dilakukan pada Semester I Tahun Pelajaran 2021/2022. Subjek penelitian ialah teman sejawat di SDN 06 Kampung Baru Padusunan selaku observer, peneliti dan peserta didik kelas V berjumlah 21 orang yang terdiri dari 14 orang peserta didik laki-laki dan 7 orang peserta didik perempuan. Hasil penelitian tahap I dalam RPP rata-rata 79,16% (cukup), meningkat dalam tahap II menjadi 84,72% (baik) dan meningkat lagi dalam tahap III menjadi 91,67% (sangat baik). Pelaksanaan tahap I dalam kreativitas berpendapat siswa rata-ratanya 75% (sering), meningkat dalam tahap II menjadi 85% (selalu) dan meningkat lagi dalam tahap III menjadi 90% (selalu). Hasil belajar peserta didik dalam tahap I rata-ratanya 73,51 (cukup), meningkat dal tahap II menjadi 81,80 (baik) dan meningkat lagi dalam tahap III menjadi 85,36 (baik). Maka dari itu, dapat ditarik kesimpulannya bahwasanya model pembelajaran Problem Based Learning mampu meningkatkan kreativitas berpendapat serta hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas V Sekolah Dasar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Cakrawala Pendas (JCP) aims to provide researchers with scholarly discourses, theories, research methods, and findings. Therefore, the journal accepts manuscripts related to all aspects of Elementary Education. It is also keen to help make connections among researchers. Jurnal Cakrawala ...