Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dengan kreativitas Kelompok Belajar “Sekolah Kami” di Bekasi. Subjek dalam penelitian ini adalah anggota kelompok belajar “Sekolah Kami” di Bekasi sebanyak 65 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Tes Kreativitas Figural dan skala kepercayaan diri. Pengukuran kreativitas digunakan alat tes kreativitas figural yang dikembangkan oleh S.C.U. Munandar. Skala kepercayaan diri dikembangkan berdasarkan karakteristik menurut Lauster (1992). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisien korelasi Pearson ( r ) yang diperoleh sebesar r = - 0,204 dan nilai sig.(2-tailed) sebesar p = 0,103. Artinya Ho ditolak, tidak ada hubungan antara kepercayaan diri dengan kreativitas Kelompok Belajar Sekolah Kami di Bekasi. Kata Kunci : Kepercayaan diri, Kreativitas, kelompok belajar
Copyrights © 2013