Pandemic Covid 19 melanda seluruh dunia tak terkecuali Indonesia. Hal ini berimbas pada berbagai aktivitas yang salah satunya proses pembelajaran, sehingga proses tersebut harus dilakukan secara virtual. Oleh sebab itu, diperlukan alternatif pembelajaran supaya siswa merasa tertarik dalam belajar menggunakan model Connected Mathematics Project (CMP). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ketertarikan belajar peserta didik menggunakan LKPD dengan model CMP selama pandemic Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik SMP kelas VIII sebanyak 22 orang yang dipilih dengan cara acak dalam satu sekolah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket ketertarikan belajar yang didistribusikan melalui google form yang terdapat 19 butir pertanyaan sebagai acuan untuk mengetahui ketertarikan belajar peserta didik menggunakan LKPD dengan CMP. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan LKPD dengan Model CMP berdampak positif terhadap ketertarikan belajar peserta didik, dilihat dari hasil rata-rata persentase seluruh aspeknya sebesar 80,09% dengan kriteria baik. Selanjutnya untuk setiap aspeknya terdapat dua aspek dengan kriteria sangat baik, dan empat aspek dengan kriteria baik. Berdasarkan dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa peserta didik mempunyai ketertarikan yang baik dalam belajar menggunakan LKPD dengan model CMP.
Copyrights © 2022