Manhajuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol 1 No 1 (2020): Filsafat, Strategi & Metode Pembelajaran, Peningkatan Hasil Belajar

Penerapan Epistemologi Bayani dan Burhani sebagai Metode Pembelajaran

Rasyid Ridlo (Sekolah Tinggi Islam (STAI) Syamsul ‘Ulum)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2020

Abstract

Artikel ini mendiskusikan tentang epistemologi bayani dan burhani yang diterapkan menjadi sebuah metode pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah. Tujuan Penelitiannya menjelaskan penerapan epistemologi bayani dan burhani di Madrasah Ibtidaiyah. Metode penelitian yang digunakan menggunakan library research yaitu dengan metode pengumpulan data pustaka, yang terdiri dari beberapa artikel jurnal dan beberapa buku selanjutnya membaca dan mencatat serta mengolah bahan penelitiannya. Artikel ini menyimpulkan bahwa epistemologi bayani bersumber dari texs yang terdiri dari al-Quran, Hadits, dengan metode ijtihad, istinbat, istinja dan istidlal diterapkan di Madrasah Ibtidaiyah pada pelajaran al-Quran Hadits, Akidah Akhlak, Fiqh dan Sejarah kembudayaan Islam. Metode Bayani ini menjadi pondasi ilmu yang kokoh bagi peserta didik pada kegiatan belajar dimasa yang akan datang. Sedangkan epistemologi burhani bersumber dari kealaman dan kemanusiaan yang diterapkan pada mata pelajaran IPA, IPS, PPKN, Bahasa Arab, Bahasa Indonesia, Bahasa Sunda, Seni dan Olahraga. Metode burhani dilakukan dengan kegiatan tradisi ilmiah melalui pengembangan ilmu yang sudah ada dan tradisi mencari temuan dari masalah disekiratnya.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

manhajuna

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Manhajuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam invites academics, lecturers, researchers, and students to publish their research results within the scope of religious studies in the form of research results, conceptual ideas, literature study, and practical ...