Manhajuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol 2 No 1 (2021): Kefektifan Kegiatan Pembelajaran

Pengaruh Kompetensi Profesional dan Kepribadian Guru Akidah Akhlak terhadap Prestasi Belajar Peserta didik

Rahmat Nuralam (Unknown)
Rasyid Ridlo (STAI Syamsul 'Ulum Gunungpuyuh Sukabumi)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Prestasi belajar peserta didik sangatlah beragam, hal ini terjadi dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya faktor internal maupun faktor eksternal. Salah satu faktor eksternal adalah faktor dari guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesional dan kepribadian guru Akidah akhlak secara bersama-sama terhadap prestasi belajar peserta didik di Madrasah Aliyah Al-Manar. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian yaitu peserta didik kelas XII Madrasah Aliyah Al-Manar dan sampel penelitian menggunakan teknik simple random sampling yang terdiri dari 82 responden peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda yang diawali dengan analisis uji asumsi klasik. Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat pengaruh positif signifikan secara bersama-sama antara kompetensi profesional dan kepribadian guru Akidah akhlak terhadap prestasi belajar peserta didik di Madrasah Aliyah Al-Manar, hal ini berdasarkan uji F dengan diperoleh nilai sig 0,00 > 0,05 dengan sumbangan pengaruh sebesar 0,841 atau 84,1 %.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

manhajuna

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Manhajuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam invites academics, lecturers, researchers, and students to publish their research results within the scope of religious studies in the form of research results, conceptual ideas, literature study, and practical ...