Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika
Vol 4, No 1: June 2016

PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS WORDPRESS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Sunarti Sunarti (Pemerhati Program Studi Pendidikan Fisika, FPMIPA IKIP Mataram)
Baiq Rina Amalia Safitri (Dosen Program Studi Pendidikan Fisika, FPMIPA IKIP Mataram)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2016

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media berbasis wordpress, melihat tingkat kelayakan dari media pada materi tekanan dan untuk mengetahui media dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan model 4D (Define, Design, Develop and Dissemination). Media berbasis wordpress dikatakan layak apabila skor rata-rata dari para ahli media pembelajaran pada hasil validasi dan hasil responden siswa adalah 2,56. Skor rata-rata yang diperoleh dari hasil validasi adalah 3,1 dengan kategori valid dan skor rata-rata yang diperoleh dari hasil responden adalah 3,5 dikategorikan sangat setuju pada siswa kelas VIII-c yang berjumlah 18 siswa. Untuk nilai hasil belajar siswa dikatakan tuntas apabila mencapai KKM (kriteria ketuntasan minimal) 75, hasil belajar siswa menggunakan media berbasis wordpress dikatakan tuntas karena nilai rata-rata siswa mencapai 80,8 dan nilai ketuntasan klasikal mencapai 88 %. Dapat disimpulkan bahwa media berbasis wordpress yang telah dikembangkan layak dan dapat digunakan dalam pembelajaran IPA khususnya pada materi tekanan.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

Lensa

Publisher

Subject

Astronomy Chemistry Earth & Planetary Sciences Education Electrical & Electronics Engineering Energy Engineering Environmental Science Physics

Description

Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika (J-LKF) published by the Physics Education Study Program UNDIKMA. J-LKF publishes every 6 months including the study of science and education in the field of physics specifically and natural and applied sciences in ...