Prosiding Seri Seminar Nasional
Vol. 2 No. 1 (2022): PROSIDING SERINA IV 2022

PSIKOEDUKASI PARA GURU MENGENAI UPAYA MENGIDENTIFIKASI POTENSI SISWA

Rahmah Hastuti (Fakultas Psikologi Universitas Tarumanagara)
Chandra Susanto (Fakultas Psikologi Universitas Tarumanagara)
Agnes Agitza Jaya (Fakultas Psikologi Universitas Tarumanagara)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2022

Abstract

Guru di sekolah T akan ditempatkan di lokasi mengajar yang baru di wilayah Singkawang, Kalimantan. Para guru membutuhkan informasi sehubungan dengan cara mengetahui dan mengenai potensi yang dimiliki siswa. Pelaksanaan kegiatan pada Januari 2022 dan kegiatan evaluasi pada Februari 2022. Sebanyak 17 guru yang mengisi kuesioner google form, dan lebih banyak berjenis kelamin perempuan. Kelas yang akan diampu oleh para guru dari jenjang pendidikan prasekolah sampai pendidikan menengah, namun lebih banyak yang akan ditempatkan di sekolah dasar. Di akhir sesi, para guru mendapatkan pemahaman bahwa membahas potensi tidak dapat dilepaskan dari variasi individual dari siswa. Para guru menunjukkan antusiasme ketika mempelajari teori multiple intelligences berdasarkan kajian dari Howard Gardner untuk dapat memahami potensi yang dimiliki siswa serta aktif bertanya. Dari evaluasi yang dilakukan pasca pelaksanaan seminar para guru merasakan kebermanfaatan knowledge sharing dari kegiatan seminar dan memberikan masukan topik berikutnya yang dibutuhkan untuk pengayaan informasi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PSERINA

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Industrial & Manufacturing Engineering Materials Science & Nanotechnology

Description

Prosiding SERINA merupakan wadah publikasi hasil penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dilaksanakan oleh Dosen, Mahasiswa, maupun Praktisi dan telah didesiminasikan Pada Seri Seminar Nasional (SERINA) yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat ...