IKRA-ITH EKONOMIKA
Vol 4 No 1 (2021): IKRAITH-EKONOMIKA VOL 4 NO 1 Bulan Maret 2021

STRATEGI PERSAINGAN DALAM KEWIRAUSAHAAN MELALUI PENDEKATAN “HYPERCOMPETITIVE ENVIRONTMENT” (Studi kasus : Toko Online Mart.lo.gue)

Nafisah Yuliani (Unknown)
Diana Novita (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2020

Abstract

Toko online Mart.lo.gue adalah bisnis usaha rumahan yang dibangun pada Bulan Mei 2020. Saat ini Mart.Lo.gue memproduksi makananan frozen (beku). Mart.lo.gue memproduksi hasil olahan ayam digabung denganbumbu racikan alami serta diproses secara higienis menjadi sosis solo. Disamping itu, mart.lo.gue jugamemproduksi hasil olahan rebung ditambah bumbu racikan alami serta poses secara higienis menjadi lumpia rebung.Dalam membangun suatu usaha, diperlukan manajemen kewirausahaan dan strategi kewirausahaan. Dalammanajemen kewirausahaan Toko online Mart.lo.gue, menggarap pasar potensial mart.lo.gue yaitu orang- orang yangrindu pulang ke kampung halaman dan adanya sekumpulan konsumen yang mempunyai minat, penghasilan danakses penawaran pasar tertentu terhadap produk makanan khas Solo. Perbaikan proses produksi agar terjaminnyapelayanan konsumen karena produk yang diminta konsumen selalu tersedia (ready). Berdasarkan hasil omzetpenjualan, maka usaha toko online Mart.lo.gue mempunyai peluang yang besar untuk berkembang dimasa yangakan datang. Hasil analisis SWOT, strategi potensial untuk pertumbuhan Toko online Mart.lo.gue meliputi: (1)membuat strategi dalam proses pengemasan barang secara vacum untuk pengiriman jarak jauh. Hal ini berkenaandengan banyaknya permintaan barang dari toko online Mart.lo.gue dari luar Jakarta, (2) Untuk mencukupibanyaknya permintaan barang dari toko online Mart.lo.gue tersebut, perlu ditambah tenaga kerja untuk pengemasan,(3) dalam hal jaminan makanan yang sehat, tanpa bahan pengawet dan halal, perlu diadakan pendaftran sertifikathalal dan pengujian kualitas produk ke BPOM, (4) agar diperoleh produk yang terstandar, diperlukan adanyaperbaikan fasilitas, berupa peralatan yang bisa mendukung proses produksi supaya mulai dari tahap persiapan,pengemasan sampai ke konsumen , kualitas makanan tetep terjaga, (5) untuk memenuhi selera konsumen, tokoMart.lo gue melakukan survei singkat ke konsumen untuk perbaikan-perbaikan produk berikutnya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

IKRAITH-EKONOMIKA

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

This scientific journal of IKRA-ITH Ekonomiika is a Scientific Journal for the publication of economic papers published by the YAI University Persada Indonesia Research and Community Service Institute. This scientific journal is a means of pouring ideas and lecturer papers working in the field of ...