Di saat persaingan penjualan Handphone semakin ketat, muncul bencana menggemparkan dunia, yaitu COVID-19. COVID-19 yang sudah memakan 974 ribu korban meninggal dan 31,8 juta jiwa terinfeksi pada tahun 2020. Terkait dengan topik pada skripsi ini, motivasi kerja memiliki peranan penting bagi sales untuk mempertahankan tingkat penjualan smartphone VIVO pada masa pandemi COVID-19. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif untuk menganalisis motivasi kerja pada masa pandemi COVID-19 dan bagaimana cara mereka tetap bekerja dan mempertahankan penjualannya selama masa pandemi. Data primer diperoleh melalui (1) wawancara mendalam kepada dua orang sales dengan waktu lama bekerja yang berbeda Selain itu data primer juga dilakukan dengan (2) observasi tidak terstruktur untuk mengobservasi perilaku informan dan hubungan informan dengan rekan kerja selama berada lingkungan kerja. Penelitian yang dilakukan dari tanggal 25 Desember sampai dengan 20 Januari menunjukan hasil bahwa sales VIVO di salah satu gerai Pusat Grosir Cililitan (PGC) menunjukan hasil bahwa motivasi kerja mereka tetap ada walaupun sedikit menurun karena pada masa pandemi seperti ini, tetapi mereka tetap menjalankan pekerjaannya seperti biasa dan mereka melakukan cara-cara yang sebelumnya mereka belum pernah lakukan seperti membuka toko online di salah satu marketplace untuk mencapai target yang sudah ditentukan oleh perusahaan.
Copyrights © 2021