prosiding seminar nasional
Vol 1 No 01 (2018): Proseding Diseminasi Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2018

ANALISIS TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL DALAM PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI MEDIA BELAJAR SISWA

Elistya Rimawati Retno Tri Vulandari Iwan Ady Prabowo (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2018

Abstract

Teknologi internet hadir sebagai media yang multifungsi. Internet juga dapat dijadikan media belajar.  Keputusan guru Sekolah Dasar dalam menggunakan internet sebagai media belajar siswa, dipengaruhi oleh banyak hal. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tingkat pengaruh Persepsi Kegunaan (PU), Persepsi Kemudahan Penggunaan (PEU), Sikap Penggunaan (ATU), Niat Berperilaku (BI),  dan Penggunaan Nyata (AU). Penelitian ini menggunakan pendekatan model perilaku pemanfaatan teknologi informasi dalam literatur sistem informasi manajemen yaitu Technology Acceptance Model (TAM). Obyek penelitian adalah guru-guru Sekolah Dasar di kota Surakarta. Analisa data eksplanatori menggunakan  Structural Equation Modelling - Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa PEU  berpengaruh positif terhadap PU sebesar 0.217, PEU dan PU berpengaruh positif terhadap ATU sebesar 0.458. ATU  dan Persepsi PU berpengaruh positif terhadap BI sebesar 0.533. BI  berpengaruh positif terhadap AU sebesar 0.359. 

Copyrights © 2018