Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas lembar kerja siswa materi statistika menggunakan Metode Brainstorming. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Lembar Kerja Siswa yang digunakan merupakan hasil pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model pengembangan 4D pada penelitian peneliti sebelumnya. Pada penelitian ini telah dilaksanakan tahap penyebaran produk peneliti sebelumnya yaitu lembar kerja siswa materi statistika yang telah valid. Lembar Kerja Siswa diterapkan ke lapangan untuk melihat efektivitasnya. Penerapan Lembar Kerja Siswa materi Statistika dilakukan pada siswa kelas VII MTs Miftahul Falah Sunggal. Instrumen penelitian berupa angket respon siswa, angket aktivitas siswa dan tes ketuntasan belajar siswa. Dari hasil penerapan di peroleh bahwa: lembar kerja siswa materi statistika menggunakan metode Brainstorming yang diterapkan efektif dilihat dari (1) ketuntasan belajar klasikal siswa terpenuhi, (2) aktivitas siswa dalam batas toleransi yang ditetapkan dan (3) respon siswa terhadap pembelajaran positif.
Copyrights © 2021