Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta
Vol 3 No 1 (2021): Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta Volume 3, Nomor 1, Tahun 2021

Upaya Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa dengan Metode Pembelajaran Guided Note Taking Berbantuan Geogebra

Juliana Veva Rahmawati (College Student of UNJ)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2021

Abstract

ABSTRAK Kemampuan representasi matematis merupakan salah satu aspek penting yang harus dikuasai peserta didik. Melalui proses representasi yang baik, peserta didik akan mampu untuk menemukan gagasan-gagasan ataupun ide-ide dari suatu permasalahan yang disajikan. Akan tetapi, masih banyak peserta didik yang belum memiliki kemampuan reprsentasi matematis yang baik. Salah satunya dijumpai pada peserta didik XI-TEDK 2 SMKN 26 Jakarta. Hal ini tentunya membuat peserta didik tidak memiliki kepercayaan diri serta keyakinan positif terhadap matematika. Metode Guided Note Taking (GNT) berbantu software GeoGebra dapat menjadi salah satu alternatif pembelajaran yang dapat digunakan. Jenis penelitian ini, merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, analisis dan refleksi. Terdapat 34 peserta didik yang menjadi subjek penelitian pada XI-TEDK 2. Metode GNT berbantu GeoGebra diakhiri dengan tes akhir siklus untuk mengukur kemampuan representasi matematis peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, persentase kemampuan representasi matematis peserta didik mengalami peningkatan di setiap siklusnya. Siklus I memperoleh sebesar 61,76%, meningkat menjadi 79,41% pada siklus II dan 88,23% pada siklus III. Selain itu, terjadi peningkatan, atau minimal tidak terjadi penurunan kemampuan representasi matematis peserta didik pada setiap siklusnya. Kata kunci : Kemampuan Representasi Matematis, GNT, GeoGebra.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jrpmj

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta (JRPMJ) E-ISSN:2621-4768, DOI Prefix is a peer-reviewed open-access international journal that aims to the sharing, dissemination, and discussion of current trends research results, experience, and perspectives across a wide range of mathematics education, ...