Prosiding Seminar Nasional Universitas Serambi Mekkah
Vol 1, No 1 (2017): Prosiding Seminar Nasional USM

PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 50 BANDA ACEH

Rahmani Rahmani (Universitas Serambi Mekkah)
Maulidar Maulidar (Universitas Serambi Mekkah)



Article Info

Publish Date
04 Oct 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa dengan pendekatan saintifik di kelas V SD Negeri 50 Banda Aceh. Hipotesis yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah hasilbelajar siswa yang diajarkan dengan pendekatan saintifik di kelas V SD Negeri 50 lebih baik dari hasilbelajar siswa yang diajarkan dengan pendekatan ekspositori. Pendekatan yang digunakan dalampenelitian ini adalah pendekatan kuantitatif.Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Ttrue-Exsperimental. Desain penelitianyang digunakan dalam penelitian ini adalahcontrol group pretest-posttest design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDNegeri 50 Banda Aceh tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 130 siswa yang terdiri dari VSEMINAR NASIONAL KEMARITIMAN ACEH (UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH, 24 AGUSTUS 2017) A, VB,VCdan VD. Sampel dalam penelitian ini adalah 72 siswa kelas V SD Negeri 50 Banda Aceh. Saatpengundian sampel tulisan kelas VD muncul pertama kali saat pengundian maka dijadikan kelompokeksperimen, sedangkan kelas VA muncul yang kedua sehingga dijadikan sebagai kelas kontrol. Padaawal pembelajaran diberi pretest dan akhir pembelajaran diberi posttes dengan menggunakaninstrumen yang sama. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi dan tes,teknik pengolahan data menggunakan statistik uji-t. Berdasarkan hasil uji normalitas dan homogenitasdata diperoleh bahwa data keduanya normal dan homogen. Dari hasil perhitungan hasil belajardiperolehthitung = 1,97 sedangkan nilai ttabel= 1,67. Oleh karena thitung ttabel maka Ho ditolak dan terimaHa. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pendekatan saintifik dikelas V SD Negeri 50 lebih baik dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pendekatanekspositori.

Copyrights © 2017