Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan interprestasi grafik melaluipendekatan multirepresentasi. Penelitian ini menggunakan metode pre-experiment dengan desainjenis one group pretest and posttest design. Subjek penelitian diambil dengan cara teknik randomsampling dengan melibatkan 45 siswa yang belum belajar gerak lurus. Instrumen tes dalam bentuksoal Multiple Choice mengacu pada indikator dalam tingkatan proses kognitif pemahamanAnderson Krathwohl. Pengolahan data dianalisis dengan menggunakan persamaan gain denganmakna interprestasi merujuk pada acuan Hake. Berdasarkan analisis data penelitian danpembahasan diperoleh hasil bahwa kemampuan siswa pada sub materi pokok pada materi GLBberada pada gain 0,41 pada katagori sedang dan GLBB pada gain 0,36 pada katagori sedangsehingga pembelajaran dengan pendekatan multi-representasi efektif dan dapat meningkatkankemampuan interprestasi grafik pada materi gerak lurus. 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017