Baik buruknya kualitas guru tergantung bagaimana pengaturan manajemen pengelola pendidikan disekolah dalam meningkatkan Kinerja Guru dapat dilakukan melalui peningkatan setiap aspek kompetensi guru, baik pada proses pembuatan program, pelaksanaan kegiatan sampai kepada evaluasi atau pengawasan. Atas pemikiran dan pertimbangan diatas penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul: Peran dan Andil Kepala Sekolah dan Dinas Pendidikan Kota banda Aceh dalam Penyususn Perencanaan Pengembangan Mutu Guru. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan Perencanaan pengembangan mutu kinerja guru pada sekolah di Kota Banda Aceh; Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan yang kajiannya bersifat kualitatif-fenomenologi untuk mengungkap makna yang ada di balik fenomena realitas sosial tentang management pengembangan mutu kinerja guru pada SMP Negeri Banda Aceh. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan Wawancara dan Dokumentasi dengan subjek penelitian yaitu Kabid. Pembinaan Ketenagaan, Kasi Kurikulum, Anggota MPD. SMP Negeri Banda Aceh, dengan Subjek, yaitu Kepala Sekolah pada masing-masing sekolah yang diteliti dan Waka. Kurikulum. Hasil penelitiannya menggambarkan bahwa Dalam Proses perencanaan pengembangan Mutu Kinerja guru Sekolah dalam hal ini terlebih dahulu menyusun Tim evaluasi kinerja guru yang terdiri dari beberapa guru senior yang sesuai dengan bidang keahliannya dan melakukan kerjasama dengan beberapa Dinas terkait diantaranya MPD, Dinas Pendidikan dan Tim Supervisi, Dinas pendidikan membuatkan program berupa program jangka pendek dan program jangka panjang untuk mengatasi permasalahan yang terjadi dilapangan.
Copyrights © 2019