Jurnal Ekonomi dan Manajemen (JEKMA)
Vol. 1 No. 1 (2022): Februari : Jurnal Ekonomi dan Manajemen

PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, PROMOSI DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MINUMAN KEMASAN TEH BOTOL SOSRO

Waseso Segoro (Universitas Gunadarma)
Rizqi Amalia Nugraha (Universitas Gunadarma)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2022

Abstract

Persaingan yang begitu ketat terlihat dari banyaknya teh dalam kemasan botol yang beredar di pasaran. Pada Top Brand Index periode 2017-2020 terjadi penurunan persentase yang dialami oleh produk Teh Botol Sosro sebesar 14.5%. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh kualitas produk, harga, promosi dan citra merek terhadap keputusan pembelian minuman kemasan Teh Botol Sosro. Metode analisis pada penelitian ini menggunakan data primer kuantitatif, tahap uji yang dilakukan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linier berganda, uji t, uji f dan koefisien determinasi. Data dalam penelitian ini menggunakan instrumen kuesioner, dan data yang berhasil dikumpulkan sebanyak 100 responden. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini adalah non probabilitiy sampling dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk, harga dan promosi berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian minuman kemasan Teh Botol Sosro. Sedangkan citra merek tidak berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian. Seacara simultan kualitas produk, harga, promosi dan citra merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian minuman kemasan Teh Botol Sosro.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JEKMA

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ekonomi dan Manajemen adalah jurnal yang ditujukan untuk publikasi artikel ilmiah yang diterbitkan oleh Asosiasi Dosen Muda Indonesia dan di payungi Oleh Yayasan Dosen Muda Indonesia. Topik dalam Jurnal ini berkaitan dengan aspek apapun dari Ekonomi dan manajemen, namun tidak terbatas pada ...