Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS)
Vol 2 No 1 (2022): VOL. 2 NO.1 Edisi Februari 2022

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA 3 (SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DAN HEWAN) DENGAN METODE PEMBELAJARAN TIPE TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) DI KELAS V SD NEGERI 157019 PINANGSORI 12

anisa hutagalung (IPTS TAPSEL)
Sartika Rati Asmara Nasution (Institut Pendidikan Tapanuli Selatan)
Monica Theresia (Institut Pendidikan Tapanuli Selatan)



Article Info

Publish Date
15 Feb 2022

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa materi subtema 3 (sistem pernapasan manusia dan hewan) di kelas V SD Negeri 157019 Pinangsori 12 T.A 2020/2021. Subjek penelitian adalah 30 siswa. Objek penelitian ini yaitu model pembelajaran tipe TGT (Team Games Tournament) dan pendekatan penelitian yang digunakan adalaha PTK (Classroom Action Research). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan TGT learning model dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA materi subtema 3. Siklus I menunjukkan 40.91% (9 siswa) yang mencapai nilai KKM and siklus II menunjukkan 81.81% (18 siswa) yang mencapai nilai KKM. Kata kunci: Peningkatan, Hasil, Belajar, Model, TGT ABSTRACT This study aims to know the improvement of student’s achievement of sub-theme 3 material (human and animal respiratory systems) at the fifth grade students of SD Negeri 157019 Pinangsori 12, 2020/2021 academic years. The research subjects were 30 students. The object of this research is TGT (Team Games Tournament) learning model and the approach of research used CAR (Classroom Action Research). Data collection techniques used observation and tests. Analysis technique used qualitative and quantitative data. The results of the research shows TGT learning model able to improve student’s achievement of sub-theme 3 material (human and animal respiratory systems) at the fifth grade students of SD Negeri 157019 Pinangsori 12, 2020/2021 academic years. The first cycle showed 40.91% (9 students) who achieved Minimum Completeness Criteria score and the second cycle showed 81.81% (18 students) who achieved Minimum Completeness Criteria score. Keywords: improvement, achievement, Model, TGT

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIPDAS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal JIPDAS (Jurnal Imiah Pendidikan Dasar) merupakan sarana publikasi untuk para Akademisi seperti Guru, Mahasiswa dan Dosen. jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah publikasi penelitian dibidang pendidikan dasar, jurnal JIPDAS dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas ...