Jurnal ADAM : Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol 1 No 2 (2022): Vol. 1 No. 2 Edisi Agustus 2022

MEMPERKENALKAN VOCABULARY MELALUI LAGU PADA ANAK SD

Sergina Pohan (Institut Pendidikan Tapanuli Selatan)
Aprida Irmayana (Institut Pendidikan Tapanuli Selatan)
Nur Husainah (Institut Pendidikan Tapanuli Selatan)
Fauzi Bayu Saputra (Institut Pendidikan Tapanuli Selatan)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2022

Abstract

Vocabularies atau kosa kata adalah salah satu hal yang penting yang harus di pahami untuk mempelajari bahasa. Karena tanpa memahami kosa kata, akan mempersulit kita dalam pembelajaran.Salah satu upaya yang dapat dilakukan  adalah dengan memperkenalkan bahasa Inggris terutama kosakata melalui lagu. Selain sebagai media, lagu juga menjadi salah satu alternative yang dapat digunakan oleh guru untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Dari hasil pengabdian masyarakat yang di lakukan, Lagu memliki tingkat efektifitas yang tinggi yang dapat dipakai dalam pengenalan kosakata bahasa Inggris kepada anak. Tujuan pengabdian ini adalah untuk menarik minat siswa untuk meningkatkan vocabulary bahasa inggris siswa serta meningkatkan daya ingat dan memahami kosakata secara efektif. Dengan lagu juga bisa membantu untuk mengembangkan pronounciation skills dengan intonasi yang baik. Anak anak akan lebih menyukai cara belajar seperti ini karena suasana lebih menyenangkan dan tidak bosan. Nada nada yang terdapat di dalam lagu akan membuat suasana hati yang gembira. Membuat anak nyaman dan mulai terbuai dengan nada serta bahasa yang di sampaikan . Belajar kosa kata dengan menggunakan lagu adalah cara balajar bahasa Inggris cepat yang akan membuat anak anak merasa senang dan terus ingin belajar. Dari hasil pengabdian masyarakat yang telah di lakukan, lagu memliki tingkat efektifitas yang tinggi yang dapat dipakai dalam pengenalan kosakata bahasa Inggris kepada anak. Vocabularies atau kosa kata adalah salah satu hal yang penting yang harus di pahami untuk mempelajari bahasa. Karena tanpa memahami kosa kata, akan mempersulit kita dalam pembelajaran.Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan memperkenalkan bahasa Inggris terutama kosakata melalui lagu. Selain sebagai media, lagu juga menjadi salah satu alternative yang dapat digunakan oleh guru untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Dari hasil pengabdian masyarakat yang di lakukan, Lagu memliki tingkat efektifitas yang tinggi yang dapat dipakai dalam pengenalan kosakata bahasa Inggris kepada anak. Tujuan pengabdian ini adalah untuk menarik minat siswa untuk meningkatkan vocabulary bahasa inggris siswa serta meningkatkan daya ingat dan memahami kosakata secara efektif. Dengan lagu juga bisa membantu untuk mengembangkan pronounciation skills dengan intonasi yang baik. Anak anak akan lebih menyukai cara belajar seperti ini karena suasana lebih menyenangkan dan tidak bosan. Nada nada yang terdapat di dalam lagu akan membuat suasana hati yang gembira. Membuat anak nyaman dan mulai terbuai dengan nada serta bahasa yang di sampaikan . Belajar kosa kata dengan menggunakan lagu adalah cara balajar bahasa Inggris cepat yang akan membuat anak anak merasa senang dan terus ingin belajar. Dari hasil pengabdian masyarakat yang telah di lakukan, lagu memliki tingkat efektifitas yang tinggi yang dapat dipakai dalam pengenalan kosakata bahasa Inggris kepada anak.    

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

adam

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal ADAM adalah Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat yang ditertbitkan dan dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. Jurnal ini diharapakan dapat menjadi alat informasi dan sosialisasi mengenai hasil-hasil pengabdian dari seluruh civitas ...