Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan inovasi strategi pembelajaran inklusi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan karakter siswa di SMKN 2 Malang. Pendekatan dalam penelitian ini adalah paradigma kualitatif jenis studi kasus, tekhnik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam analisa data, peneliti menggunakan teori analisis menurut Milles dan Huberman yang dikelompokkan dalam kondensasi, men-display data dan penarikan kesimpulan, kemudian diadakan analisis lintas kasus. Dalam pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan metode perpanjangan keikutsertaan, perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan pengamatan dan triangulasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1 Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam di SMKN 2 Malang secara garis besar menggunakan: (a) Pembelajaran berorientasi pada siswa (PBAS). (b) Strategi Pembelajaran Kooperatif (SPK) (c) Strategi pembelajaran kontekstual (CTL). (d) Strategi pembelajaran afektif. 2. Upaya Inovasi Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam di SMKN 2 Malang adalah sebagai berikut: a. Strategi Pengorganisasian meliputi: urutan isi pembelajaran (kurikulum) dari yang bersifat sederhana ke kompleks atau dari yang bersifat umum ke rinci. b.Strategi Penyampaian, meliputi penyampaian klasikal dan individual dan menggunakan media pembelajaran, c. Strategi Pengelolaan, meliputi:  metode yang digunakan guru bervariasi yang bisa membangkitkan daya persepsi, hasrat ingin meneliti,dan pengelolaan penempatan kelas inklusi, 3. Model Penempatan Siswa Inklusi Guru Pendidikan Agama Islam di SMKN 2 Malang, yaitu: a. Model Kelas Reguler (Inklusi Penuh). b. Kelas Reguler dengan Pull Out. c. Model Subtitusi. Kata kunci: Inovasi, strategi pembelajaran, Pendidikan karakter sekolah inklusi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021