Mimbar Ilmu
Vol. 27 No. 2 (2022): Agustus

Kelayakan Buku Ajar Analisis dan Perancangan Sistem Informasi

Merlyana Dwinda Yanthi (Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia)
Loggar Bhilawa (Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia)
Cantika Sari Siregar (Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia)



Article Info

Publish Date
23 Aug 2022

Abstract

Masih rendahnya nilai mahasiswa yang telah menempuh mata kuliah Analisis dan Perancangan Sistem Informasi (APSI) menjadi salah satu alasan dalam melakukan penelitian perancangan dan pengembangan Buku Ajar. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan Buku Ajar sehingga dapat memudahkan Mahasiswa dan Dosen dalam memahami serta menjelaskan materi lebih baik. Jenis penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kuesioner dengan skala likert untuk validasi buku ajar yang diberikan kepada ahli materi, ahli bahasa, ahli desain (layout) dan angket uji coba buku ajar kepada mahasiswa aktif Program Studi S1 Akuntansi. Hasil uji validitas bahan ajar dari ke-3 ahli tersebut dengan nilai masing-masing 93%, 82% dan 80% sehingga dapat dikatakan buku ajar yang dibuat hasilnya sangat layak. Kemudian dilakukan uji coba ke mahasiswa melalui angket respon mahasiswa dan dilakukan evaluasi formatif. Produk yang dikembangkan dapat digunakan oleh Dosen sebagai buku ajar yang dapat membantu mahasiswa dalam memahami materi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

MI

Publisher

Subject

Education

Description

Mimbar Ilmu is published by Research and Community Service Institution Universitas Pendidikan Ganesha. Mimbar Ilmu aims at becoming the publication center of education researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational ...