EDUCARE
Vol. 17 No. 2, Desember 2019

Penerapan Media Puppet Show dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Siswa SD Kelas V

Fransiska Adelina Habeahan (Program Studi Pendidikan Guru SD, FKIP, Universitas Langlangbuana)
Davidescu Cristiana Marta (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Langlangbuana)
Ike Anita (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Langlangbuana)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2019

Abstract

Metode pembelajaran yang tepat dapat membangkitkan motivasi belajar siswa, tidak terkecuali dalam pembelajaran bahasa Inggris yang masih sulit dikuasai oleh mayoritas orang Indonesia. Salah satu metode pembelajaran yang diuji adalah media Puppet Show. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk menguji apakah media Puppet Show efektif dalam meningkatkan keterampilan bahasa Inggris siswa kelas V SD Kristen Pelita dan kesulitan yang dialami sewaktu menggunakan media ini. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes berbentuk uraian kepada kelas V B lalu dibandingkan hasilnya dengan kelas V A yang tidak diuji. Pengujian dilakukan menggunakan independent sample t-test dengan hasil media Puppet Show efektif dalam meningkatkan keterampilan bahasa Inggris siswa dan tidak ada kesulitan yang berarti dalam menggunakan media tersebut.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

educare

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

EDUCARE adalah jurnal ilmiah pendidikan dan pembelajaran, yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Langlangbuana (FKIP UNLA), pertama kali terbit pada tanggal 02 Mei 2002, bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional. Jurnal ini menyandang nama EDUCARE yang arti ...