Telah dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui model pembelajaran kooperatif tipe TGT (teams-games-tournamet) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pembelajaran IPA (Sistem Pernapasan Manusia Dan Hewan) di Kelas V SDK Bangkara. Yang berjumlah 16 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Pertemuan I materi Sistem pernapasan pada manusia,dan pertemuan II materi sistem pernapasan pada hewan . Penelitian siklus I persentase ketuntasan belajar klasikal (KBK) 65,6 % dan daya serap klasikal (DSK) 68,2%. Hasil observasi aktivitas guru presentase nilai rata-rata 80,3% (baik). Hasil observasi aktifitas siswa presentase nilai rata-rata 65,1 % (cukup baik). Pada tindakan siklus II presentasi ketuntasan belajar klasikal mencapai (KBK) 84,3 % dan Daya Serap Klasikal (DSK) mencapai 83,4 %. Hasil observasi aktivitas guru presentase nilai rata-rata 94,6 % (sangat baik), dan hasil observasi afektif siswa presentasi nilai rata-rata 77,2 %(baik). Hasil penitian ini bahwa penggunan metode penerapan model pembelajaran kooperatif  tipe TGT (teams-games-tournament) pada siswa kelas V SDK Bangkara dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA khususnya pada Materi Sistem Pernapasan pada Manusia dan Hewan. Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Konsep Sistem Pernapasan pada Manusia dan Kooperatif Tipe TGT
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016