Permasalahan apakah dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas II SD Inpres 2 Mepangaâ ? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa SD Inpres 2 Mepanga kelas II pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan media gambar. Jenis data adalah data kuantitatif berupa hasil evaluasi pada siklus I dan siklus II data kualitatif berupa hasil observasi aktifitas guru dan siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas II dengan jumlah siswa 18 orang yang terdiri dari 8 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Proses penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dua siklus meliputi: (1) pra tindakan, (2) perencanaan tindakan, (3) pelaksanaan tindakan, (4) observasi, (5) refleksi. Hasil evaluasi siswa siklus I rata-rata daya serap (77 %) dengan presentase ketuntasan klasikal 67 % siklus II nilai rata-rata daya serap meningkat menjadi 92 % dengan ketuntasan klasikal 100 %. Hasil observasi guru siklus I sebesar 64 % kategori cukup siklus II sebesar 93 % kategori baik. Hasil observasi siswa siklus I sebesar 50 % kategori cukup siklus II sebesar 100 % kategori baik. Berdasarkan data tersebut, menunjukkan bahwa media pembelajaran berupa media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas II SD Inpres 2 Mepanga Kecamatan Mepanga. Kata Kunci: Hasil Belajar IPA, Media Gambar.
Copyrights © 2016