Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 4, No 9 (2016): Junal Kreatif Tadulako Online

Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Bagi Siswa Kelas IV SDN1 Dongko Dengan Metode Praktek

Zainudin, Zainudin ( FKIP UNTAD)



Article Info

Publish Date
04 Feb 2015

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas yang berjudul Peningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas IV SDN 1 Dongko melalui Metode Praktek dilakukan sebanyak dua siklus telah dinyatakan tuntas baik secara individual maupun klasikal sesuai dengan yang diharapkan, indikasi peningkatan tersebut terlihat pada prosentase pada pratindakan 33,3% meningkat menjadi 58,3% pada siklus 1 dan meningkat lagi menjadi 91,6% pada siklus 2. Metode yang digunakan adalah metode praktek. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas IV SDN 1 Dongko tahun pelajaran 2013/2014 dengan jumlah siswa sebanyak 12 orang. Data penelitian ini dikumpukan dengan menggunakan metode observasi dan tes yang kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Dengan peningkatan tersebut, maka disimpulkan bahwa penggunaan metode praktek dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas IV SDN 1 Dongko. Kata Kunci: menulis puisi, SDN 1 Dongko, metode praktek

Copyrights © 2016