Masalah utama dalam penelitian adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Labuan Lobo pada mata pelajaran IPA khusussnya Pokok bahasan Rantai Makanan. Salah satu faktor yang menyebabkan kemampuan belajar siswa rendah adalah metode mengajar yang selama ini digunakan cenderung membuat siswa pasif dan berpusat pada guru (teacher oriented). Untuk meningkatkan hasil belajar siswa, maka peneliti menerapkan metode pictur and picture dalam mengajarkan pokok bahasan rantai makanan dikelas IV SDN 1 Labuan Lobo. Penelitian ini dilaksanakan II siklus dengan jumlah siswa 20 orang. Setiap siklus terdiri dari   IV tahap yaitu : Perencanaan, Pelaksanaan Tindakan, Pengamatan, dan refleksi. Dari hasil tindakan siklus 1 diperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 20% dengan rata â rata nilai siswa 60. Hasil tindakan siklus II diperoleh ketuntasan belajar klasikal 100% dengan nilai rata â rata 85. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Labuan Lobo. Kata kunci: Pembelajaran Picture and Picture, Hasil belajar, materi rantai makanan
Copyrights © 2016