Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 4, No 10 (2016): Junal Kreatif Tadulako Online

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Bimbingan Mata Pelajaran IPA di Kelas III SD Inpres 1 Bainaa

Nurhayati, Nurhayati ( FKIP UNTAD)



Article Info

Publish Date
06 Feb 2015

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 07 sampai 28 Mei 2014,yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA melalui metode bimbingan pada siswa kelas IIISD Inpres 1 Bainaa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), terdiri atas dua siklus dengan hasil observasi aktivitas guru siklus I sesuai pengamatan pertemuan satu diperoleh presentase 65,91%, pertemuan dua diperoleh presentase 70,45%  dan hasil observasi aktivitas siswa pertemuan satu diperoleh 58,33%, pertemuan dua 63,88%. Sedangkan pada siklus II aktivitas guru dan siswa mengalami penimgkatan. Aktivitas guru pertemuan satu 93,18%, pertemuan dua 97,72% dan aktivitas siswa pertemuan satu 83,33%, pertemuan dua 88,88%. Hasil belajar siswa yaitu pada siklus I diperoleh ketuntasan belajar klasikal 68,75 % dan daya serap klasikal 71,26 % Pada siklus kedua diperoleh peningkatan pada ketuntasan belajar klasikal mengalami peningkatan menjadi 100 % dan daya serap klasikal 85,63 % Dengan demikian dapat diketahui bahwa penerapan Metode Bimbingan dapat meningkatkan hasil belajar IPA Siswa kelas III. SD Inpres 1 Bainaa. Kata Kunci: Hasil Belajar, IPA, Bimbingan

Copyrights © 2016