Permasalahan utama pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN 1 Labuan Lobo Kecamatan Ogodeide Kabupaten Tolitoli pada mata pelajaran IPS. Salah satu Faktor yang menyebabkan kemampuan siswa rendah adalah metode mengajar yang selama ini digunakan oleh guru cenderung membuat siswa pasif dan berpusat pada guru (Teacher Oriented). Untuk meningkatkan hasil belajar siswa maka peneliti menerapkan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (SPBM). Penelitian ini dilaksanakan dua siklus dengan jumlah siswa 18 orang. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Dari hasil tindakan siklus I diperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 39%. Hasil tindakan siklus II diperoleh ketuntasan belajar klasikal 89,9%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa perapan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (SPBM) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 1 Labuan Lobo Kecamatan Ogodeide Kabupaten Tolitoli. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah , IPS, Hasil Belajar
Copyrights © 2016