Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 4, No 10 (2016): Junal Kreatif Tadulako Online

Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SDN Ginunggung Tolitoli

Megawati, Megawati ( FKIP UNTAD)



Article Info

Publish Date
06 Feb 2015

Abstract

Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN Ginunggung. Tujuan penelitian yang telah dilaksanakan adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA pada materi pesawat sederhana dengan menggunakan model pembelajaran explicit instruction di kelas V SDN Ginunggung. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan model siklus yang di kemukakan oleh Kemmis dan Mc.Tanggar yang meliputi empat tahap yaitu: planning (perencanaan), action (tindakan), observasi (pengamatan), dan reflection (refleksi). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan jumlah siswa 25 0rang,  Dari hasil tindakan siklus I diperoleh data dari 25 orang siswa, yang belum tuntas 10 siswa atau 40 %,  yang tuntas 15 siswa atau 60%, dengan nilai rata-rata 66,4. Sedangakan pada siklus ke II meningkat diperoleh ketuntasan belajar klasikal 92% dengan nilai rata-rata 80,40. Dari hasil penelitian mencerminkan bahwa penerapan model pembelajaran Explicit instruction pada siswa kelas V SDN Ginunggung dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci: Model Pembelajaran Explicit Instuction, IPA, Hasil Belajar

Copyrights © 2016