Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 4, No 11 (2016): Jurnal Kreatif Tadulako Online

Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Energi di Kelas IIIB SD Integral Rahmatullah Tolitoli

Sarina, Sarina ( FKIP UNTAD)



Article Info

Publish Date
16 Feb 2015

Abstract

Permasalahan utama penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IIIB SD Integral Rahmatullah Tolitoli pada mata pelajaran IPA pokok bahasan energi. Telah dilakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan energi melalui penerapan metode demonstrasi di kelas IIIB SD integral Rahmatullah Tolitoli. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat  tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan  refleksi, dengan jumlah siswa 29 yaitu terdiri dari 15 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Dari hasil evaluasi akhir siklus I diperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 41,4% dengan nilai rata-rata 62,7. Hasil evaluasi akhir siklus II diperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 100%, dengan nilai rata-rata 84,1. Dapat disimpulkan  bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan energi di kelas IIIB SD Integral Rahmatullah Tolitoli. Kata Kunci: Metode Demonstrasi, IPA. Hasil Belaja

Copyrights © 2016