Penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA khususnya materi Struktur Akar melalui penerapan metode demonstrasi dan media nyata. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SD Inpres Argakencna dengan jumlah siswa 27 orang. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu Perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang menggunakan lembar penilaian motivasi belajar, lembar observasi guru dan siswa serta tes hasil belajar siswa. Hasil ketuntasan pada tes awal yaitu hanya 12 dari 27 siswa yang memperoleh nilai 70, dengan persentase nilai rata-rata kelas 64% dengan ketuntasan belajar klasikal 44,4% serta daya serap klasikal 64,4%. Peningkatan hasil belajar siklus I yaitu dari 27 siswa hanya 18 siswa yang memperoleh nilai 70 dengan persentase nilai rata-rata 68 dengan ketuntasan belajar klasikal 66,7% serta daya serap klasikal 68,1%. Pada siklus II mengalami peningkatan dari 27 siswa diperoleh 23 siswa dikatakan tuntas dengan persentase nilai rata-rata 72,8 dengan ketuntasan belajar klasikal 85,2 dan daya serap klasikal sebesar 72,5%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan penerapan metode demonstrasi dan media nyata dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Inpres 2 Argakencana. Kata Kunci: Metode Demonstrasi, Media Nyata, Hasil Belajar, Pelajaran IPA.
Copyrights © 2016