AT-TAZAKKI: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora
Vol 3, No 2 (2019)

NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM BUKU-BUKU AJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (Telaah atas Buku Pelajaran SKI Kelas X Madrasah Aliyah)

Taufik Kurniawan, Hasan Asari, Syamsu Nahar (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2019

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah apa saja muatan nilai pendidikan multikultural dalammateri pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, menjelaskan pentingnya nilai-nilai pendidikanmultikultural dalam materi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dan relevansi nilai pendidikanmultikultural dalam membangun pendidikan agama inklusif di tengah masyarakat multikultural.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, sementara berdasarkan objek kajian,maka penelitian ini termasuk penelitian library research dengan menggunakan metode analisiskonten, dengan dua model yaitu analisis kejelasan isi dan analisis isi tersembunyi (AbbasTashakkori dan Charles Teddlie) dan kemudian penyajian datanya dalam bentuk deskripsi,tabel, dan diagram lingkaran agar mudah dipahami. Temuan penelitian ini adalah, nilai pendidikanmultikultural dalam fitur, rubrikasi, dan uraian materi dalam buku pelajaran Sejarah KebudayaanIslam kelas X Madrasah Aliyah belum “proporsional”, dimana tidak semua nilai pendidikanmultikultural dalam fitur, rubrikasi, dan uraian materi pada setiap pokok bahasan diakomodasidan merata. Kedua, terintegrasinya nilai pendidikan multikultural dalam SKI akan melahirkanproduk yang kental muatan kelembutan sejarah daripada kekerasan sejarah, sehingga akanberkonstribusi positif dalam mewujudkan wajah sosial yang toleran, demokratis/kebersamaan,kesamaan/kesetaraan, dan keadilan untuk mewujudkan harmoni kehidupan kemanusiaan yangberkeadilan dan berkeadaban.Kata Kunci: Nilai Pendidikan, Multikultural, Bahan Ajar SKI

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

attazakki

Publisher

Subject

Religion Humanities Education

Description

Jurnal Attazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora di dirikan pada tahun 2017 dengan no SK : 0005.25802321/JI.3.1/SK.ISSN/2017.06 (E-ISSN) merupakan jurnal berproses dalam penelaahan dan penilaian yang di lakukan oleh para ahlinya (peer-review). Jurnal ini berafiliasi ke Program ...