Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah apa saja muatan nilai pendidikan multikultural dalammateri pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, menjelaskan pentingnya nilai-nilai pendidikanmultikultural dalam materi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dan relevansi nilai pendidikanmultikultural dalam membangun pendidikan agama inklusif di tengah masyarakat multikultural.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, sementara berdasarkan objek kajian,maka penelitian ini termasuk penelitian library research dengan menggunakan metode analisiskonten, dengan dua model yaitu analisis kejelasan isi dan analisis isi tersembunyi (AbbasTashakkori dan Charles Teddlie) dan kemudian penyajian datanya dalam bentuk deskripsi,tabel, dan diagram lingkaran agar mudah dipahami. Temuan penelitian ini adalah, nilai pendidikanmultikultural dalam fitur, rubrikasi, dan uraian materi dalam buku pelajaran Sejarah KebudayaanIslam kelas X Madrasah Aliyah belum “proporsional”, dimana tidak semua nilai pendidikanmultikultural dalam fitur, rubrikasi, dan uraian materi pada setiap pokok bahasan diakomodasidan merata. Kedua, terintegrasinya nilai pendidikan multikultural dalam SKI akan melahirkanproduk yang kental muatan kelembutan sejarah daripada kekerasan sejarah, sehingga akanberkonstribusi positif dalam mewujudkan wajah sosial yang toleran, demokratis/kebersamaan,kesamaan/kesetaraan, dan keadilan untuk mewujudkan harmoni kehidupan kemanusiaan yangberkeadilan dan berkeadaban.Kata Kunci: Nilai Pendidikan, Multikultural, Bahan Ajar SKI
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019