Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 5, No 4 (2017): Jurnal Kreatif Tadulako Online

Peningkatan Kemampuan Siswa Kelas V SDN 2 Laemanta Menulis Karangan Deskripsi Melalui Metode Latihan

Rostina, Rostina ( FKIP UNTAD)



Article Info

Publish Date
10 Mar 2015

Abstract

Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah apakah penerapan metode latihan dapat meningkatkan kemampuan  siswa menulis karangan deskripsi di Kelas V SDN 2 Laemanta. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis karangan deskripsi Kelas V SDN 2 Laemanta dengan menggunakan metode latihan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan  kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Adapun tahapan dalam penelitian ini meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil belajar siswa, hasil observasi aktivitas guru dan siswa diambil dari lembar observasi kegiatan guru dan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tindakan siklus I yang tuntas secara individu berjumlah 12 orang dari 20 siswa jumlah keseluruhan, sehingga diperoleh ketuntasan belajar klasikal 60% dan daya serap klasikal sebesar 63%. Pada tindakan siklus II diperoleh ketuntasan klasikal 90% dan daya serap klasikal 77%. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan dengan daya serap klasikal minimal 65% dan ketuntasan belajar klasikal minimal 80%. Berdasarkan daya serap klasikal dan ketuntasan belajar klasikal pada kegiatan pembelajaran siklus II, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode latihan dapat meningkatkan kemampuan siswa menulis karangan deskripsi di Kelas V di SDN 2 Laemanta. Kata Kunci: Menulis Karangan Deskripsi, Metode Latihan.

Copyrights © 2017