Tanfidziya: Journal of Arabic Education
Vol. 1 No. 01 (2021)

Hubungan Bahasa Arab Dengan Psikologi Pembelajaran: Suatu Tinjauan Psikolinguistik: Hubungan Bahasa Arab Dengan Psikologi Pembelajaran: Suatu Tinjauan Psikolinguistik

Habiburrahman (IAIN Madura)



Article Info

Publish Date
06 Nov 2021

Abstract

Dalam pembelajaran bahasa asing ada beberapa aspek yang harus diperhatikan dalam menunjang keberhasilan dalam proses pembelajaran, diantaranya sistem bahasa (aspek linguistik), sistem pembelajaran (aspek metodologis), dan sistem psokologis (aspek psikolinguistik). Psikolinguistik sangat erat kaitannya dengan pembelajaran bahasa, karena di samping ruang lingkup pembahasan psikolinguistik mencakup pembahasan fenomena pemerolehan dan pembelajaran bahasa, ia juga membahas bagaimana pembelajaran bahasa yang baik. Begitu juga pembelajaran bahasa Arab, yang meliputi prinsip pendidikan, prinsip psikologis, dan prinsip linguistic. Ketiga prinsip ini merupakan titik temu antara linguistik dan dan pembelajaran bahasa. Disini penulis akan memaparkan titik temu psikolinguistik dengan pembelajaran Bahasa Arab berdasarkan prinsip pembelajaran, psikologis dan linguistis secara desktiptif-metodologis dalam konteks hubungan pembelajaran Bahasa Arab dan psikologi dalam tinjauan psikolinguistik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

tanfidziya

Publisher

Subject

Humanities Other

Description

Tanfidziya: Journal of Arabic Education published three a year since 2021 (November, March and July), is a multilingual (indonesia, Arabic, and English), peer-reviewed journal, and specializes in Arabic Education and Arabic Studies. This journal is published by the Arabic Education Department, ...