JIAGABI
Vol 7, No 3 (2018): JIAGABI

PENGARUH ATRIBUT PRODUK DAN NILAI-NILAI PRINSIP ISLAM TERHADAP LOYALITAS NASABAH (STUDI PADA BANK SYARIAH MANDIRI KCP MALANG SOEKARNO HATTA)

Yahya Yusuf Ahmed (University of Islam Malang)
Rini Rahayu Kurniati (University of Islam Malang)
Ratna Nikin Hardati (University of Islam Malang)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Atribut Produk dan Nilai-nilai Prinsip Islam terhadap Loyalitas Nasabah secara parsial dan secara simultan. Populasi dari penelitian ini adalah konsumen Bank Syariah Mandiri KCP Malang seokarno Hatta. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 40 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, Kuisioner, Wawancara, Dokumentasi. Analisis data yang dilakukan adalah analisis regresi linier berganda, uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji t dan uji f dengan Menggunakan program SPSS. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa variabel atribut produk berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan hasil t tabel (6,719 > 2,026) dengan tingkat signifikansi 0,00 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Variabel nilai-nilai prinsip Islam berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan hasil dari t tabel (2,495 > 2,026) dengan tingkat signifikansi 0,017< 0,05 maka Ha diterima Ho ditolak. Variabel atribut produk, nilai-nilai prinsip Islam secara simultan atau secara bersama-sama terdapat pengaruh terhadap loyalitas nasabah dengan hasil F Hitung lebih besar dari F tabel 50,099 > 3,25 dan nilai signifikan (0,000b < 0,05). ). Nilai koefisien determinasi yang disesuaikan oleh R Square sebesar 0,730 Hal tersebut berarti variabel atribut produk dan nilai-nilai prinsip Islam dapat mempengaruhi 73% dari loyalitas nasabah.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jiagabi

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Social Sciences

Description

jurnal JIAGABI VOLUMI 1 no. 1 TAHUN 2012 berisi 8 jurnal, diantaranya: Peranan Koperasi Dalam Meningkatkan Perekonomian Usaha Mikro Kecil (UMK) (Studi Pada Koperasi Nilam Sejahtera di Kecamatan Randu Agung Kabupaten Lumajang) oleh Dina Sapta Nurwijayati, Siti Saroh, Ratna Nikin Hardati; Pengaruh ...