Abstrak: Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir reflektif peserta didik pada tahap enaktif dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi Teorema Pythagoras peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Sukorejo; (2) Untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir reflektif peserta didik pada tahap ikonik dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi Teorema Pythagoras peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Sukorejo; (3) Untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir reflektif peserta didik pada tahap simbolik dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi Teorema Pythagoras peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Sukorejo. Penelitian dilkasanakan di SMP Negeri 1 Sukorejo. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan wawancara. Sumber data penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII H SMP Negeri 1 Sukorejo sebanyak 34 orang. Subjek penelitian ini terdiri dari enam peserta didik dengan dua peserta didik pada tahap enaktif, dua peserta didik pada tahap ikonik dan dua peserta didik pada tahap simbolik. Pemilihan subjek berdasarkan hasil tes tahapan Teori Bruner. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu (1) peserta didik pada tahap enaktif memiliki kemampuan berpikir reflektif pada materi Teorema Pythagoras dengan kategori kurang. (2) peserta didik pada tahap ikonik memiliki kemampuan berpikir reflektif pada materi Teorema Pythagoras dengan kategori cukup. (3) peserta didik pada tahap simbolik memiliki kemampuan berpikir reflektif pada materi Teorema Pythagoras dengan kategori baik.Kata-kata kunci: Kemampuan Berpikir Reflektif, Teorema Pythagoras, Teori Bruner
Copyrights © 2022