Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripikan cara-cara yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal berbentuk penalaran matematis berdasarkan motivasi belajar dan untuk mendeskripsikan kemampuan tingkat penalaran matematis berdasarkan motivasi belajar pada materi pola bilangan kelas VIII SMP. Sebjek penelitian adalah 25 peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Dau. Subjek penelitian yang dipilih selanjutnya dikategorikan kedalam klasifikasi tingkat motivasi belajar tinggi, sedang, dan rendah yang memiliki jawaban soal tes yang unik atau khas berbeda dengan subjek lainnya. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu tes, kuisioner, dan wawancara. Hasil penelitian disajikan berdasarkan klasifikasi tingkat motivasi belajar tinggi, sedang, dan rendah, yang kemudian mendeskripsikan bagaimana cara-cara yang dilakukan oleh peserta didik yang memiliki jawaban unik atau khas yang berbeda dengan subjek lainnya. Adapun cara-cara tersebut yaitu dengan memaparkan secara deskriptif/rinci, memaparkan dengan menghubungkan antara satu rumus dengan rumus lainnya, dan memaparkan dengan gambar. Hasil rata-rata tingkat kemampuan penalaran matematis pada setiap klasifikasi tingkat motivasi belajar yaitu 80 untuk tingkat klasifikasi tinggi, 46,5 untuk tingkat klasifikasi sedang, dan 51,07 untuk klasifikasi rendah.
Copyrights © 2021