Abstrak: Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penalaran induktif siswa kelas VIII SMP Islam Fatahillah dalam menyelesaikan masalah pola geometris berdasarkan self-concept siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Islam Fatahillah. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif berupa hasil angket self-concept, serta data kualitatif berupa hasil tes kemampuan penalaran induktif, dan hasil wawancara. Soal tes kemampuan penalaran induktif diberikan kepada 14 siswa kemudian dipilih 3 subjek dengan tingkatan self-concept tinggi, sedang, dan rendah untuk diwawancara. Berdasarkan hasil analisis data tentang kemampuan penalaran induktif siswa berdasarkan self-concept dapat disimpulkan bahwa subjek dengan self-concept tinggi mempunyai kemampuan penalaran induktif yang sangat baik dengan 4 indikator tercapai pada setiap nomor soal. Sedangkan subjek dengan self-concept sedang mempunyai kemampuan penalaran induktif cukup baik dengan 2 indikator tercapai di setiap nomor soal, 1 indikator yang tercapai pada soal nomor 1 dan 2, serta 1 indikator tidak tercapai pada setiap nomor soal. Kemudian subjek dengan self-concept rendah mempunyai kemampuan penalaran induktif yang tidak baik dengan 2 indikator yang tercapai pada soal nomor 1 saja dan 2 indikator yang tidak tercapai pada setiap nomor soal.Kata Kunci: kemampuan penalaran induktif, pola geometris, self-concept
Copyrights © 2022