Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara-cara siswa dalam menyelesaikan soal kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari self efficacy siswa dan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari self efficacy siswa pada materi himpunan kelas VII SMP Negeri 1 Dau. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif- kualitatif. Subjek penelitian adalah 32 siswa kelas VII SMP Negeri 1 Dau. Subjek penelitian yang dipilih selanjutnya dikategorikan ke dalam klasifikasi tingkat self efficacy tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu tes, angket, dan wawancara. Instrumennya adalah soal tes, angket, dan pedoman wawancara. Hasil peneitian disajikan berdasarkan klasifikasi tingkat self efficacy yang kemudian mendeskripsikan bagaimana cara- cara yang dilakukan oleh siswa dalam menjawab soal tes kemampuan pemecahan masalah. Adapun cara-cara tersebut yaitu memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian, dan mengecek kembali. Hasil rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis pada setiap klasifikasi tingkat self efficacy yaitu 80,8 untuk tingkat klasifikasi tinggi, 70,7 untuk tingkat klasifikasi sedang, dan 63,1 untuk tingkat klasifikasi rendah.Kata kunci: kemampuan pemecahan masalah matematis, self efficacy, himpunan
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021