Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Vol 17, No 12 (2022): Jurnal Penelitian,Pendidikan, dan Pembelajaran

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN POWTOON BERBASIS KEARIFAN LOKAL TUBAN PADA MATERI APLIKASI TURUNAN KELAS XI SMK

Karwati Ni'matus Sholikah (Unknown)
Sunismi Sunismi (Unknown)
Yayan Eryk Setiawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2022

Abstract

Abstrak: Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa video pembelajaran matematika dengan Powtoon berbasis kearifan lokal Tuban pada materi Aplikasi Turunan kelas XI SMK. Model penelitian pengembangan yang digunakan yaitu model 4D yakni tahap define (pendefinisian), tahap design (perancangan), tahap develop (pengembangan) dan tahap disseminate (penyebaran). Subjek dalam penelitian ini adalah ahli materi, ahli desain dan media pembelajaran serta ahli praktisi(guru) dan 10 peserta didik dari SMKN 2 Tuban sebagai pengguna (user). Analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif, menurut penilaian ahli materi, ahli desain dan media pembelajaran diperoleh secara berturut-turut 3,43; 3,77; 3,56 dengan rata-rata 3,58 dan untuk ahli praktisi 3,95, dengan rata-rata keseluruhan 3,68. Sedangkan uji coba pengguna melibatkan 10 peserta didik SMKN 2 Tuban, diperoleh rata-rata keseluruhan 3,47. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran matematika dengan Powtoon berbasis kearifan lokal Tuban pada materi Aplikasi Turunan kelas XI SMK dinyatakan valid dan praktis dalam proses pembelajaran. Kata kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran Matematika, Powtoon, Kearifan Lokal Tuban,Aplikasi Turunan AbstractThis development aims to produce learning media in the form of a mathematics learning video with Powtoon based on Tuban local wisdom in the Derivative Application material for class XI SMK. The research development model used is the 4D model, namely define stage, design stage, develop stage and disseminate stage. The subjects in this study were material experts, design and learning media experts as well as practitioner experts (teachers) and 10 students from SMKN 2 Tuban as users. The analysis of the data used is quantitative and qualitative, according to the assessment of material experts, design experts and learning media obtained respectively 3.43; 3.77; 3.56 with a mean of 3.58 and for expert practitioners 3.95, with an overall average of 3.68. While the user trial involved 10 students of SMKN 2 Tuban, the overall average was 3.47. So it can be concluded that the mathematics learning media with Powtoon based on Tuban local wisdom in the Derivative Application material for class XI SMK is declared valid and practical in the learning process. Keywords: Development, Mathematics Learning Media, Powtoon, Tuban Local Wisdom,                        Derivative App

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jp3

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JP3 adalah Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran yang terbit dua kali setahun pada bulan Pebruari dan September, berisi artikel hasil penelitian dan non penelitian bidang pendidikan dan pembelajaran. Tulisan yang akan dimuat adalah artikel ilmiah hasil penelitian atau artikel ilmiah non ...