Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Vol 14, No 9 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI MODEL REMAP TPSS PADA MATERI KUBUS DAN BALOK

Moh Arisyur Rahman (Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Malang)
Sunismi Sunismi (Unknown)
Isbadar Nursit (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Untuk mengetahui adanya perbedaan pemahaman konsep peserta didik antara pembelajaran yang menggunakan model REMAP TPSS  dengan metode konvensional; (2) Untuk mengetahui adanya perbedaan kemampuan berikir kritis peserta didik antara pembelajaran yang menggunakan model REMAP TPSS dengan metode konvensional; (3) Untuk mendeskripsikan secara lebih detail pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis peserta didik antara pembelajaran yang menggunakan model REMAP TPSS dengan metode konvensional; (4) Untuk mendeskripsikan keterkaitan antara data kuantitatif dan kualitatif terhadap pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan pembelajaran yang menggunakan model REMAP TPSS. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu mix methods dengan desain sequential explanatory. Populasi pada penelitian kuantitatif ini sebanyak 138 peserta didik kelas VIII SMPN 1 Rembang Pasuruan dengan sampel penelitian yaitu VIII-C dan VIII-D dan menggunakan teknik cluster random sampling. Sedangkan pada penelitian kualitatif teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian terdiri dari: tes, lembar observasi, lembar catatan lapangan, dan pedoman wawancara. Pada penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis peserta didik antara pembelajaran yang menggunakan model REMAP TPSS dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Kata kunci: pemahaman konsep, kemampuan berpikir kritis, dan model REMAP TPSS

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jp3

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JP3 adalah Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran yang terbit dua kali setahun pada bulan Pebruari dan September, berisi artikel hasil penelitian dan non penelitian bidang pendidikan dan pembelajaran. Tulisan yang akan dimuat adalah artikel ilmiah hasil penelitian atau artikel ilmiah non ...