Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Vol 16, No 30 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI MINAT BELAJAR PADA MATERI POLA BILANGAN PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP ISLAM MA’ARIF 02 MALANG

Qomariyah Qomariyah (Unknown)
Zainal Abidin (Unknown)
Gusti Firda Khairunnisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jan 2022

Abstract

 Abstrak : Tujuan dalam penelitian ini yaitu: (1) untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis ditinjau minat belajar yang tinggi pada materi pola bilangan peserta kelas VIII SMP Islam Ma’arif 02 Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian dilaksakan di SMP Islam Ma’arif 02 Malang dengan subjek penelitian sebanyak 6 peserta didik yang dipilih berdasarkan klasifikasi tingkat minat belajar. Adapun instumen penelitian ini menggunakan angket minat belajar, soal tes kemampuan komunikasi matematis, dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) subjek (T-1 dan T-2) dengan tingkat minat belajar tinggi memiliki kemampuan komunikasi matematis yang sangat baik, karena dapat memenuhi semua indikator kemampuan komunikasi matematis yang terdiri dari Written text, Drawing, dan Mathematical expression; (2) subjek (S-1 dan S-2) dengan tingkat minat belajar sedang memiliki kemampuan komunikasi matematis yang baik, karena dapat memenuhi dua dari tiga indikator kemampuan komunikasi matematis yang terdiri dari Written text, Drawing, dan Mathematical expression;(3) subjek (R-1 dan R-2) dengan tingkat minat belajar rendah memiliki kemampuan komunikasi matematis yang kurang baik, karena dapat memenuhi satu dari tiga indikator kemampuan komunikasi matematis yang terdiri dari Written text, dan Mathematical expressio.didik kelas VIII SMP Islam Ma’arif 02 Malang; (2) untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis ditinjau minat belajar yang sedang pada materi pola bilangan peserta didik kelas VIII SMP Islam Ma’arif 02 Malang; (3) untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis ditinjau minat belajar yang rendah pada materi pola bilangan peserta didik. Kata kunci: kemampuan komunikasi matematis, minat belajar, pola bilangan       

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jp3

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JP3 adalah Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran yang terbit dua kali setahun pada bulan Pebruari dan September, berisi artikel hasil penelitian dan non penelitian bidang pendidikan dan pembelajaran. Tulisan yang akan dimuat adalah artikel ilmiah hasil penelitian atau artikel ilmiah non ...