Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 4 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pelaksanaan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Desa Stabat Lama

Ahmad Syarqawi (Universitas Islam Negeri Sumatra Utara)
Chindy Asmi Abdillah (Universitas Islam Negeri Sumatra Utara)
Fitri Handayani Rambe (Universitas Islam Negeri Sumatra Utara)
Jumli Sabrial Harahap (Universitas Islam Negeri Sumatra Utara)
Khadijah Rahma Nasution (Universitas Islam Negeri Sumatra Utara)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2022

Abstract

Mengembangkan motivasi pembelajaran siswa adalah salah satu teknik dalam mengembangkan kemampuan dan keinginan dalam belajar. Salah satu cara yang logis untuk membimbing siswa dalam pembelajaran adalah menghubungkan pengalaman belajar dengan motivasi belajar siswa. Peneliti sangat berperan penting dan sangat prihatin terhadap permasalahan yang di alami siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan di adakannya diskusi dalam kelompok serta siswa mampu mengungkapkan pendapatnya di depan umum. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain studi PTKBK (penelitian tindakan kelas bimbingan konseling) sebagai refleksi dari pelaku yang dilakukan untuk meningkatkan stabilitas rasional dari tindakan yang dilakukan. memperdalam pemahaman tentang tindakan yang dilakukan serta meningkatkan kondisi dimana praktik konseling di lakukan. Hal ini berupaya umtuk memecahkan atau mengatasi masalah-masalah yang terjadi saat ini. Untuk teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan dan angket.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...