Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 4 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Kendala Guru Dalam Menentukan Media Yang Tepat Pada Pembelajaran Ppkn Di Masa Pandemi

Nugraheni Suci Pratiwi (Universitas Jambi)
Faizal Chan (Universitas Jambi)
Violitas Zahyuni (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
23 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kendala guru dalam menentukan media yang tepat pada pembelajaran PPKn di masa pandemi di kelas VA SDN 131/IV Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul maka data akan dianalisis menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini, kendala yang dialami guru dalam menentukan media yang tepat pada pembelajaran PPKn diantaranya: biaya, sarana dan prasarana yang kurang memadai, kurangnya waktu dalam membuat sebuah media. Adapun usaha yang dilakukan guru yaitu: memanfaatkan barang-barang yang sudah tidak terpakai, memanfaatkan waktu pulang sekolah untuk membuat media, melakukan koordinasi dengan guru lain jika ingin menggunakan fasilitas yang tersedia di sekolah

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...