Disleksia yaitu anak yang mengalami gangguan neurologis yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam penerimaan informasi sehingga membuat siswa mengalami keulitan dalam belajar. Membaca merupakan suatu kemampuan awal siswa untuk menguasai bidang lainnya di sekolah. Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak disleksia di SDN 02 Batang Anai, penelitian ini menggunakan jenis eksperimen dalam bentuk single subject research (SSR) dengan design A-B-A. yang terdiri dari tiga kondisi baseline A1, kondisi intervensi (B), dan kondisi baseline A2. pada kondisi baseline A1 diperoleh hasil 30%, 35%, 35%, 35%. Pada kondisi intervensi B diperoleh hasil 42%, 62%, 70%, 75%, 75%, 80%, 80%, 80%. Sedangkan pada kondisi baseline A2 diperoleh hasil 80%, 85%, 85%, 85%. Berdasarkan analisis data, Hasil penelitian ini menampakkan adanya peningkatan kemampuan membaca permulaan pada anak disleksia.
Copyrights © 2022