Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 4 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Aplikasi Marbel Pada Anak Disleksia di SDN 02 Batang Anai

Febri Hikmah (Universitas Negeri Padang)
Irdamurni Irdamurni (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2022

Abstract

Disleksia yaitu anak yang mengalami gangguan neurologis yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam penerimaan informasi sehingga membuat siswa mengalami keulitan dalam belajar. Membaca merupakan suatu kemampuan awal siswa untuk menguasai bidang lainnya di sekolah. Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak disleksia di SDN 02 Batang Anai, penelitian ini menggunakan jenis eksperimen dalam bentuk single subject research (SSR) dengan design A-B-A. yang terdiri dari tiga kondisi baseline A1, kondisi intervensi (B), dan kondisi baseline A2. pada kondisi baseline A1 diperoleh hasil 30%, 35%, 35%, 35%. Pada kondisi intervensi B diperoleh hasil 42%, 62%, 70%, 75%, 75%, 80%, 80%, 80%. Sedangkan pada kondisi baseline A2 diperoleh hasil 80%, 85%, 85%, 85%. Berdasarkan analisis data, Hasil penelitian ini menampakkan adanya peningkatan kemampuan membaca permulaan pada anak disleksia.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...