Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 4 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Perbedaan Metode Index Card Match dengan Metode Tebak Kata terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Kunciran 5 Kota Tangerang

Rizki Zuliani (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Tiara Safitri (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Een Unaenah (Universitas Muhammadiyah Tangerang)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2022

Abstract

Perbedaan Metode Index Card Match dengan Metode Tebak Kata Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Kunciran 5 Kota Tangerang" Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Tangerang. Peneliti in bertujuan untuk mengetahui adanya terdapat atau tidaknya perbedaan hasil belajar IPA materi sifat benda antara metode Index Card Match dan Metode Tebak Kata Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperime Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas IV SDN Kunciran 5 Kota Tangerang Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Kunciran 5 Kota Tangerang dengan jumlah siswa 30 siswa kelas eksperimen pertama dan 30 siswa kelas eksperimen kedua. Data hasil belajar IPA siswa dikumpulkam dengan instrument tes berbentuk pilihan ganda yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara metode Index Card Match dengan metode Tebak Kata Analisis data menggunakan uji 1, data hasil perhitungan perbedaan rata-rata kedua kelompok di peroleh nilai Thitung sebesar 2,693, sedangkan Ttabel dengan taraf signifikasi 0,05 dengan derajat kebebasan (dk=58) schmar 2.002 maka dapat dikatakan bahwa Thitung t table berarti Hipotesis nol (Ho) ditolak Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa yang diberikan metode Index Card Match dengan siswa yang diberikan metode Tebal Kata.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...