Latar belakang: Proses pembelajaran pada mata kuliah pengetahuan lingkungan dilengkapi dengan kegiatan semi praktikum. Kegiatan eksperimen dalam praktikum diharapkan mampu mengasah kemampuan berpikir kreatif-produktif mahasiswa. Kemampuan berpikir tingkat tinggi sangat diperlukan oleh mahasiswa untuk bersaing dalam dunia kerja. Peneliti mencoba melakukan analisis kemampuan berpikir kreati-produktif mahasiswa pendidikan biologi dalam penyelesaian masalah pencemaran sampah plastic pada mata kuliah pengetahuan lingkungan. Metode: Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Pada penelitian deskriptif, peneliti tidak melakukan pengontrolan keadaan saat penelitian berlangsung, seperti pemberian treatment, dan kontrol terhadap variabel luar. Peneliti melakukan analisis hanya sampai pada taraf deskripsi. Sedangkan bentuk penelitian dalam penelitian ini adalah survei. Hasil: Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan berpikir kreatif-produktif mahasiswa pada aspek berpikir lancar (fluency) termasuk dalam kategori tinggi dengan rata-rata skor 2,56 atau 65,12%. Kemampuan berpikir kreatif-produktif mahasiswa pada aspek berpikir luwes (flexibility) termasuk dalam kategori rendah dengan rata-rata skor1,56 atau39,21%. Serta kemampuan berpikir kreatif-produtktif mahasiswa pada aspek berpikir kebaruan (Novelty) termasuk dalam kategori sangat rendah dengan rata-rata skor 0,82 atau 20,59%.. Kesimpulan: Berdasarkan tiga aspek berpikir kreatif-produktif yang dinilai dapat diketahui bahwa mahasiswa hanya memperoleh skor tinggi pada aspek berpikir lancar, sementara pada dua aspek lainnya masih rendah.
Copyrights © 2022